Seberapa Penting Mengatur Keuangan Keluarga?

Mengatur keuangan keluarga merupakan salah satu kegiatan yang penting. Karena dengan mengatur keuangan tersebut akan memberikan dampak bagi perekonomian keluarga. Jika bisa mengatur dengan baik tentunya keadaan ekonomi keluarga akan menjadi baik. Begitu juga sebaliknya, jika pengaturan keuangan keluarga buruk maka keadaan ekonomi juga akan ikut memburuk. Tentunya Anda ingin memiliki kondisi ekonomi keluarga yang baik bukan? Jika begitu maka Anda harus mengetahui cara untuk mengatur keuangan yang benar.

Seberapa Penting Mengatur Keuangan Keluarga


Cara untuk mengatur keuangan yang benar adalah dengan memulai perencanaan. Melalui perencanaan inilah Anda bisa mengetahui mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Setelah melalui perencanaan, Anda harus bisa menyisihkan keuangan Anda untuk menabung dan berinvestasi. Wajar saja karena Anda tidak bisa mengetahui apa yang terjadi beberapa tahun ke depan. Tak hanya itu saja, Anda juga harus bias membuat pos kebutuhan tiap bulan. Berikut ini merupakan contoh pos kebutuhan keluarga yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda dan keluarga.

  • Untuk keperluan sehari-hari lebih baik gunakan 40% sampai 60% dari jumlah gaji. Keperluan ini termasuk makan dan kebutuhan rumah tangga bulanan.
  • Jika Anda memiliki hutang sebaiknya tak lebih dari 35% dari jumlah pendapatan. Jika tidak memiliki hutang, presentase anggaran tersebut bisa dialihkan untuk tabungan dan investasi.
  • Sedangkan sisanya yang kira-kira sebesar 5%-10% bisa Anda gunakan untuk bersedekah kepada orang yang belum mampu.

Itulah beberapa skema tips perencanaan keuangan yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Diharapkan dengan mengikuti skema tersebut Anda bisa lebih hemat dan lebih bijak dalam me-manajemen keuangan keluarga. Skema tersebut tidak bersifat mutlak dan Anda bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda. Namun pastikan perubahan yang Anda lakukan masih bersifat ideal.

Setelah terbiasa menggunakan skema kebutuhan keluarga Anda, selanjutnya Anda bisa membiasakan untuk menentukan kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang. Jika sudah begini diharapkan keadaan ekonomi Anda bisa lebih baik daripada sebelumnya. Jadi bisa disimpulkan apabila mengatur keuangan keluarga ini sangat penting karena bisa menentukan keadaan ekonomi pada keluarga. Selamat mencoba tips ini!
Previous
Next Post »