Tips Travel Akhir Tahun

Tips Travel

Menyambut penghujung tahun serta hari raya Natal, banyak orang yang menghabiskannya dengan berlibur ke luar kota. Ini karena waktu libur akhir tahun pastilah merupakan long weekend alias akhir pekan panjang, di mana para pekerja kantor akan mendapat hari libur yang lebih panjang. Kesempatan ini banyak digunakan untuk melakukan travel alias jalan-jalan melepas penat, baik seorang diri, bersama pasangan, atau dengan seluruh anggota keluarga. Namun, liburan di akhir pekan panjang seperti ini hampir selalu dihadapkan dengan berbagai persoalan klasik, mulai dari kemacetan panjang hingga kehabisan tiket perjalanan ataupun kehabisan kamar hotel. Untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk di atas, ada beberapa tips yang dapat kita terapkan. 

Pertama, untuk memastikan agar liburan akhir tahun berjalan lancar terutama apabila kita menggunakan transportasi umum, pesanlah tiket sejak jauh-jauh hari. Ini untuk menghindari dilema kehabisan tiket apabila kita memesan tiket berdekatan dengan tanggal keberangkatan. Pemesanan tiket untuk transportasi umum seperti pesawat dan kereta sudah bisa dilakukan sejak beberapa minggu sebelum tanggal keberangkatan, sehingga kita punya cukup banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Hal yang sama juga berlaku untuk kamar hotel, apabila perjalanan travel kita ke luar kota akan membutuhkan waktu lebih dari sehari sehingga harus menginap di hotel. Pesan juga kamar hotel sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. 

Untuk pengguna kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, kemacetan saat libur panjang hampir tidak bisa dihindari. Sebelum berangkat, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan bahan bakar telah terisi penuh. Hal ini untuk menghindari terjadinya kehabisan bensin saat berada di tengah kemacetan panjang yang tentunya akan menyulitkan kita. Pastikan kita membawa air atau makanan ringan di tengah perjalanan yang dapat tetap dikonsumsi selama perjalanan panjang. Kesehatan fisik adalah hal yang tak boleh luput dari perhatian saat menjalani perjalanan panjang menuju tempat wisata untuk berlibur. Jangan sampai tujuan travel yang awalnya adalah untuk melepas penat justru berakhir pada kelelahan fisik dan bahkan jatuh sakit. Semoga tips di atas bermanfaat. 

Previous
Next Post »