Beberapa Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi adalah hal yang wajib dilakukan oleh ibu menyusui agar bayinya dapat tumbuh menjadi anak yang sehat pula. Terutama bagi bayi yang masih berada pada masa ASI eksklusif yakni saat asupan nutrisi hanya diperoleh dari ASI saja tanpa tambahan makanan dan minuman lainnya.

Selain menyehatkan bayi, makanan bergizi juga membantu agar ibu menyusui dalam keadaan sehat. Kesehatan ibu menyusui dan bayinya adalah dua hal yang harus selalu diperhatikan. Berikut ini kami informasikan beberapa makanan sehat untuk ibu menyusui yang baik dikonsumsi selama menjalani proses menyusui.

  1. Daun katuk

Daun katuk adalah sayuran yang sudah dikenal di masyarakat sebagai sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sayur katuk dipercaya dapat membantu melancarkan ASI bagi ibu yang menyusui. Banyak ibu yang memperoleh ASI dengan jumlah melimpah setelah rutin mengkonsumsi daun katuk. Daun katuk tidak hanya dapat kita konsumsi sebagai sayur pendamping makanan, tapi juga dalam bentuk kapsul ekstrak daun katuk yang saat ini telah banyak diproduksi.

  1. Pok coy

Sayuran hijau merupakan sayuran yang selalu direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Termasuk pok coy, dinilai sebagai sayur hijau yang merupakan makanan sehat ibu menyusui. Sayuran ini mengandung zat besi yang dapat mencegah ibu dan bayi dari penyakit anemia.

  1. Kacang panjang

Kacang panjang merupakan kombinasi antara sayuran hijau dan kacang-kacangan. Sayuran hijau dan kacang-kacangan adalah dua jenis makanan yang selalu dianjurkan bagi ibu hamil. Sehingga kombinasi manfaat sayuran hijau dan kacang-kacangan keduanya terdapat pada kacang panjang. Selain itu, kacang panjang juga mengandung vitamin K yang dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak pada ibu dan bayi.

  1. Ketimun

Ketimun memiliki kandungan air yang tinggi. Mengkonsumsi air yang cukup sangat penting bagi ibu menyusui agar cairan tubuh yang hilang selama proses menyusui dapat secepatnya tergantikan. Buah ketimun dapat mencegah agar ibu menyusui terhindar dari dehidrasi serta membantu menjaga kesegaran tubuh.

  1. Jagung

Jagung kaya akan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, kalium, serat, vitamin C, kalsium vitamin A, vitamin B12, vitamin B15, dan juga asam folat. Asam folat adalah salah satu kandungan yang ada pada jagung yang sangat bermanfaat pada perkembangan otak bayi.

  1. Jamur

Jamur memiliki banyak kandungan gizi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu dan bayi. Kandungan nutrisi terdapat pada jamur antara lain adalah kalsium, natrium, fosfor, magnesium dan juga kalium.

  1. Selada

Selada adalah salah satu jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Selain mengandung zat besi yang tinggi, selada juga mengandung serat, flovanoid dan asam folat. Asam folat dipercaya dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak.

  1. Kentang

Kentang dapat dikonsumsi sebagai alternatif pengganti karbohidrat selain nasi putih. Kandungan glukosa yang ada pada kentang lebih sedikit daripada pada nasi putih. Sehingga mengkonsumsi kentang dianjurkan bagi ibu menyusui yang menjalani diet rendah gula. Diet rendah gula sangat penting agar berat badan ibu menyusui tetap terjaga dan terhindar dari resiko obesitas.

  1. Kacang mede

Kacang mede memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Hal ini sangat baik bagi ibu menyusui sebab kalsium dapat membantu agar ibu menyusui terhindar dari resiko pengeroposan tulang. Serta menyokong perkembangan tulang dan gigi bayi yang disusui.

%d bloggers like this: