Wujudkan Ruang Ideal bagi Tempat Bermain Anak

Wujudkan Ruang Ideal bagi Tempat Bermain Anak

Sebagian orang tua ada yang merasa bahwa membuat tempat bermain bagi anak adalah sesuatu yang tidak perlu, karena fasilitas bermain bisa mereka dapat disaat liburan dengan memanfaatkan fasilitas bermain yang disediakan pemerintah, seperti taman taman bermain dan juga tempat bermain yang dibangun didalam mall mall besar. Padahal, anggapan tersebut tidaklah baik secara keseluruhan. Karena pada dasarnya, rumah adalah tempat tumbuh kembangnya sang anak, dari rumahlah dia memulai segala sesuatunya dari bangun hingga tidur kembali. Rumah pun menjadi tempat belajar bagi anak. Begitu penting peran rumah disini, sehingga tidak ada salahnya jika anda harus menambah ruangan khusus bagi tempatnya bermain, belajar, dan berekplorasi dengan aman serta nyaman. Skala yang anda butuhkan tidak perlu luas, yang terpenting adalah cukup bisa memberikan kesempatan agar anak bisa beraktifitas didalamnya.

Sebelum anda memulai untuk membangun tempat bermain bagi anak anak anda. Ada beberapa tips nih yang harus anda perhatikan, khususnya untuk keamanan dan juga kenyaman anak. Pastikan elemen furniture yang digunakan didalamnya aman untuk anak.

Memilih Tema Dan Layout Ruangan

Tidak perlu bingung untuk menentukan tema bagi tempat bermain anak. Anda tinggal bertanya kepada anak anda jenis kartun kesukaannya, kendaraan yang ia sukai, atau dengan pemandangan bentuk 3D. Bisa juga dengan mengecat tembok nya dengan anak anda agar anak anda pun bisa belajar berkreasi, gunakan lah cat air yang mudah dicuci dan tentunya yang tidak berbahaya meskipun harganya sedikit mahal, tapi setidaknya itu adalah hasil dari kreativitas anda bersama anak. Kemudian, atur posisi meja, kursi, dan lemari agar menciptakan ruangan yang membuat anak anda nyaman berada ditempat bermainnya. Lemari serta rak penyimpanan barang bisa anda gantung di tembok. Sementara itu, meja dan kursi bisa menjadi pusat aktifitas anak anda dengan meletakkannya di tengah tengah ruangan.

Memilih Furniture Yang Aman Dan Hemat Ruangan

Furniture yang aman bagi anak anda adalah bukan dari bahannya namun dari bentuk barangnya dengan bagian ujung yang tidak lancip nan tajam dimana bisa melukai si anak serta harus berbahan dasar yang ringan agar anak mampu membawanya dan tidak merasa keberatan. Contohnya anda bisa pilih furniture dengan bahan dasar plastik atau busa supaya mudah sekali untuk mereka pindahkan. Sesuaikan juga ukuran serta ketinggian meja dan kursi maupun besarnya bagi anak anda. Lalu pilihlah warna yang berwarna warni, karena hal ini berguna sekali untuk menstimulasi otak anak sekaligus menjadi sebuah aksen untuk menceriakan pemandangan ruangannya. Usakan jangan menggunakan pintu agar si anak tidak terjepit saat bermain pintu, anda bisa menggatinya dengan gorden.

Sediakan Tempat Penyimpanan

Ruangan yang berantakan bisa membuat siapapun menjadi tidak betah, kecuali anak anak. Karena anak anak belum mengetahui yang namanya kerapihan. Maka dari itu, anda bisa membantu si anak untuk belajar bagaimana rapi itu dan apa manfaatnya dari rapi itu. Sedikanlah tempat untuk menyimpan barang barang mereka. Anda bisa mengajari mereka untuk selalu membereskan kembali mainan yang sudah mereka gunakan dan menyimpannya ketempat yag seharusnya. Gunakanlah lemari yang anda tempel di dinding sebagai tempat penyimpanan nya dan aturlah mainan nya tersebut sehingga terlihat bagus dipandang. Demikianlah tadi beberapa tips yang bisa kami informasikan untuk anda sebelum membangun ruangan tempat bermain anak. Semoga bisa membantu.

%d bloggers like this: