Bahaya Membentak Anak di Depan Umum

 jangan bentak anak di depan umumMungkin banyak dari Anda yang pernah atau sering melihat ada orangtua yang membentak anak mereka di depan umum, hal tersebut sangat tidak baik untuk jiwa atau psikologis dari anak tersebut. Membentak anak Anda di depan umum bisa membuat anak Anda menjadi seorang penakut dan juga yang paling fatal adalah bisa membuat anak Anda menjadi seorang yang pendendam. Ya, anak-anak memiliki jiwa yang masih sangat rapuh dan akan bisa semakin rapuh dengan mendengarkan teriakan atau bentakan dari orangtuanya apalagi dilakukan di depan banyak orang.

Sebagai orangtua memang tidak mudah untuk mendidik anak menjadi seorang anak yang baik dan juga penurut terhadap orangtua. Tetapi jika memang anak Anda sudah berada dan bertingkah di luar batas, Anda sebagai orangtua jika bisa jangan melakukan membentak anak Anda di depan umum, karena hal tersebut akan menyakiti perasaan dari anak Anda sendiri. Selain itu mereka bisa menjadi pribadi yang pemalu karena memiliki trauma pernah dimarahi dan dibentak oleh orangtua mereka di depan orang banyak. Sebagai langkah yang tepat adalah dengan menasehati dengan cara yang baik dan dengan bahasa yang lembut secara pribadi jangan di depan orang banyak.

Anak-anak merupakan sosok seorang peniru yang sangat baik, dimana mereka akan meniru dan mengikuti tingkah laku dan perkataan yang dikeluarkan oleh orangtua mereka nantinya. Jika Anda sering kali memarahi dan juga membentak anak Anda, maka jangan heran juga jika anak tersebut akan melakukan atau memakai cara yang sama terhadap teman-temannya yang dianggap melakukan kesalahan terhadap dirinya. Tentu saja hal tersebut merupakan hal yang sangat tidak baik untuk dilakukan oleh anak-anak yang diakibatkan dari sikap orangtuanya.

Untuk orangtua yang ingin memberikan nasehat terhadap anak memang merupakan sebuah keharusan terutama jika anak memiliki atau melakukan kesalahan. Tetapi berusahalah untuk menjadi orangtua yang bijak yang bisa menempatkan diri Anda sebagai seorang teman yang bisa memberikan rasa nyaman terhadap anak Anda, sehingga anak Anda juga akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi nantinya.

%d bloggers like this: